(+62) 856-4326-0362
wisataedukasi.kasongan@gmail.com

Wisata Baru Di Yogyakarta yang patut Dicoba

Jogja dikenal bukan hanya sebagai Kota Pelajar, tetapi juga sebagai Kota Budaya lantaran adat istiadatnya yang masih begitu kental. Ciri khas tersebut yang seringkali menjadi keunikan tersendiri, seolah tak pernah mati wisata di Jogja kian hari tumbuh menjamur mulai dari kawasan pinggiran hingga kawasan perkotaan.

Para pengelola usaha berlomba-lomba berinovasi demi mencuri perhatian wisatawan. Mereka mengkonsep objek wisata sedemikian rupa dan menyulapnya menjadi sedemikian indah dipandang mata. Dengan modal mengikuti perkembangan zaman para pengelola usaha mencoba memenuhi segmentasi pasar. Mulai dari mendesain objek wisata yang dilengkapi dengan berbagai spot foto, melengkapi kebutuhan wisatawan dengan fasilitas yang lengkap, hingga menjual berbagai macam cinderamata unik.

Kali ini kita akan membahas salah satu objek wisata baru di Jogja yang terbilang cukup komplit dan asik, yakni Puri Mataram. Puri Mataram adalah sebuah wisata alam kekinian yang menyediakan berbagai fasilitas, seperti taman bunga, kolam ikan, resto, cafe, dan berbagai wahana lainnya. Berdiri diatas tanah seluas sekitar 4,5 Hektar, objek wisata baru ini dikelola oleh Bumdes Tridadi Makmur. Selain itu harga tiket masuk tempat ini relatif murah, sehingga cocok untuk dikunjungi oleh siapapun dari kalangan manapun, apalagi jika bersama orang tersayang, semisal pacar, sahabat, atau keluarga. Selain itu lokasi Puri Mataram juga terbilang dekat dari pusat kota, tepatnya berada di Jl. PJKA, Kel. Drono, Tridadi, Kec. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk sampai ke tempat ini, wisatawan hanya perlu menempuh perjalanan darat menuju Jl. Magelang. Sesampainya di Taman Gajah Denggung wisatawan perlu berbelok sedikit melewati Kantor Dinas Perhubungan Sleman, tak jauh darisitu sekitar 500 meter wisatawan akan menemui simpang tiga. Tepat di simpang tiga itulah gerbang masuk menuju Puri Mataram.

Ketika masuk lokasi wisatawan akan disambut dengan sebuah gapura yang dihiasi oleh gunungan wayang khas jawa bernuansa emas serta dua patung naga berwarna hijau kuning yang eksotik. Jika dilihat dari dalam, gapura tersebut juga dibubuhi dengan sebuah tulisan filosofis yang mengandung nilai luhur tentang kehidupan dan kebudayaan Jawa, yakni Memayu Hayuning Bawana (memperindah keindahan dunia). Yang jika dimaknai ke dalam bahasa indonesia kurang lebih mengandung arti sebuah harapan akan harmoni kehidupan yang dapat memberikan kedamaian kepada seluruh alam. Agar wisatawan dapat berswafoto di gapura yang ikonik ini, pengelola melengkapinya dengan tangga dan bangunan tingkat. Tujuannya yakni agar wisatawan dapat mengambil foto dengan view yang utuh / long shoot.

Setelah memasuki gapura, wisatawan disuguhi oleh pemandangan Embung Mesem yang begitu memanjakan mata karena warnanya begitu kontras dengan hamparan sawah hijau yang ada dibelakangnya. Embung tersebut dipenuhi dengan berbagai jenis ikan yang jinak dan disampingnya juga telah disediakan pelet yang dijual dengan mengandalkan kejujuran pembeli, seharga Rp.2.500,00/bungkus. Sehingga wisatawan dapat berinteraksi dan dengan bebas memberi makan ikan-ikan tersebut. Selain itu tersedia pula wahana bebek-bebekan (becak air) yang begitu disukai oleh anak-anak (tentu tetap harus dalam pengawasan dan pendampingan orang dewasa yaa), tarif bebek-bebekan hanya lima belas ribu rupiah saja.

Salah satu wahana yang paling menarik di Puri Mataram ini yaitu Taman Bunga, kenapa? Karena taman ini dilengkapi oleh lebih dari lima belas titik spot foto yang instagramable, ikon Tugu Jogja adalah satu diantara banyak spot yang paling diminati. Di samping Taman Bunga, terdapat wahana Taman Kelinci yang begitu disenangi para anak. Di Taman Kelinci ini setiap wisatawan bebas berinteraksi dengan kelinci-kelinci imut nan menggemaskan. Geser sedikit ke sebelah ada juga Taman Domba seperti yang terdapat di salah satu objek wisata ternama di Bandung. Jika wisatawan terus berjalan ke arah Timur, maka akan nampak Taman Kaktus yang begitu lucu. Tak hanya itu, Puri Mataram juga punya sebuah spot andalan yang digandrungi oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak, orang dewasa, hingga lansia. Spot itu yakni Kolam Terapi Ikan, siapapun yang mencelupkan kakinya ke kolam tersebut maka akan langsung disambut oleh kerumunan ikan-ikan kecil yang dengan sigap meluruhkan kotoran. Fantastisnya untuk masuk dan menikmati fasilitas kolam tersebut pengguna tidak dipatok tarif, melainkan hanya memberikan uang perawatan seiklasnya saja.

Selain itu masih ada wahana-wahana lain yang dapat menghibur wisatawan, seperti spot mobil remot, dll. Setelah puas bermain dan berpetualang, wisatawan dapat mengisi amunisi perut di Resto yang berkonsep joglo. Terdapat berbagai hidangan menu yang dapat dipilih oleh wisatawan, uniknya lagi jika hari Minggu di sebelah Resto terdapat Pasar Ndelik yang menjual berbagai makanan dan minuman khas tempo dulu, transaksi di Pasar tersebut tidak menggunakan uang rupiah melainkan dengan uang pandel dari bahan kayu (yang sebelumnya telah ditukar dan disesuaikan dengan nominal uang rupiah). Jika wisatawan tidak berniat untuk makan dan hanya hendak bersantai sembari menikmati cemilan dan minuman hangat di pinggir kolam, tersedia pula Cafe Ningrat yang juga dipenuhi dengan aksen Jawa. Cafe Ningrat buka hingga pukul 00.00 dan biasanya cafe ini juga mengadakan life music sebagai hiburan selepas isya’. Ohya, fyi lokasi Puri Mataram ini bersebelahan dengan Kampung Flory (hanya dipisahkan oleh sebuah jembatan gantung yang cukup menguji adrenalin).

Bagi sobat yang ingin berkunjung kesini, tips & trik ke Puri Mataram hanya dua yaa, pertama berkunjunglah dengan orang terkasih agar tak kunjung letih mengelilingi luasnya objek wisata ini dan kedua sedia payung sebelum hujan (bisa juga berarti topi ya sobat), sesuaikan saja dengan cuaca hati 😉

Happy Holiday Sobat….

Respond For " Wisata Baru Di Yogyakarta yang patut Dicoba "

thirteen − 11 =

WhatsApp HUBUNGI KAMI