(+62) 856-4326-0362
wisataedukasi.kasongan@gmail.com

Desa Wisata Kasongan

Jogja bukan hanya kaya dengan budayanya, namun juga terkenal dengan para seniman dan karya ciptanya yang beraneka ragam. Bantul yang merupakan salah satu Kabupaten di Yogyakarta merupakan salah satu daerah yang menjadi sentra kerajinan tangan, tepatnya yakni di wilayah Kasongan.

Jarak Kasongan tak jauh dari kampus ISI (Institut Seni Indonesia) yang pamornya sudah sedemikian mentereng dalam melahirkan banyak seniman kenamaan, sebut saja seperti Soimah. Kurang lebih hanya memakan waktu sekitar 15 menit saja. Jika redaksi ‘Kasongan’ diketik di kolom pencarian google, maka hasil yang akan keluar paling banyak adalah desa wisata, kerajinan, dan gerabah. Benar saja, Kasongan memang sudah menjadi Desa Wisata sejak tahun 1970an. Masyarakatnya sejak dulu secara turun temurun memiliki keahlian untuk mengolah tanah liat menjadi barang yang memiliki nilai jual dan nilai guna. Menurut informasi di sebuah laman resmi, Sapto Hudoyo yang merupakan seorang seniman besar Yogyakarta adalah sosok yang memiliki peran penting dalam mengembangkan Desa Wisata Kasongan.

Jika anda berjalan menelusuri Desa Wisata Kasongan maka sepanjang jalan akan terlihat deretan toko/show room yang memajang berbagai macam kerajinan, mulai dari gerabah asli tanah liat, keramik, anyaman bambu, dan lain-lain. Kerajinan – kerajinan tersebut dijual dengan harga yang bervariatif, mulai dari harga seribu perak hingga harga berratus-ratus juta.

Yaa, Desa Wisata Kasongan memang bukan hanya menawarkan destinasi wisata yang sekedar menghibur semata, melainkan juga destinasi wisata yang menjadi sentra perbelanjaan sekaligus wisata edukasi, karena disini pengunjung disuguhkan dengan berbagai jenis kerajinan multi guna yang memiliki berbagai macam fungsi, seperti vas bunga, perlengkapan aksesoris, keranjang, meja makan, dll. Selain itu disini pengunjung juga dapat berwisata sambil belajar, karena banyak sekali show room penjualan yang membuka jasa pelatihan membuat gerabah, salah satunya yakni Pusat Pelatihan Wisata Edukasika Citra Ceramic. Terdapat beberapa pilihan paket edukasi gerabah di tempat ini, diantaranya yakni PAKET 100 dengan biaya Rp. 15.000,00, PAKET 50 dengan biaya Rp. 20.000,00, PAKET 30 dengan biaya Rp. 25.000,00, PAKET PERSONAL dengan biaya Rp. 50.000,00, dll. Di Pusat Pelatihan Wisata Edukasika Citra Ceramic, anda dapat belajar dan menikmati cara membuat gerabah dengan ditemani oleh para pengrajin handal.

Tidak hanya itu, anda juga diperbolehkan untuk membawa pulang hasil karya yang telan anda buat disana. Tak perlu khawatir, jika anda sebelumnya tak memiliki kemampuan membentuk tanah liat menjadi barang serbaguna disini anda akan diajari secara rinci dan mudah tentunya. Terdapat beberapa alat yang memudahkan para pembelajar, seperti cetakan salah satunya. Fyi, hasil kerajinan gerabah hasil produksi Kasongan ini bukan hanya tersebar di Indonesia, melainkan juga sudah dijual secara ekspor ke negara-negara lain. Tentu hal ini sangat berperan dalam upaya peningkatan ekonomi warga lokal.

Yuk wisata sambil belajar.

Respond For " Desa Wisata Kasongan "

one + three =

WhatsApp HUBUNGI KAMI